Penampilan Ronaldo di Piala Eropa Dinantikan

AFP Gelandang Real Madrid, Cristiano Ronaldo. 
 
Penggemar sepak bola dunia menantikan aksi Cristiano Ronaldo di Piala Eropa 2012 bulan Juni mendatang. Para penggila bola mengharapkan Ronaldo bisa tampil mengesankan bersama timnya, Portugal, sebagaimana aksinya bersama klubnya, Real Madrid.

Seperti halnya bintang Argentina, Lionel Messi, yang bermain di klub Barcelona, Ronaldo juga belum pernah mengukir prestasi emas bersama Portugal di turnamen internasional.

Buat Ronaldo, Piala Eropa kali ini bisa jadi momentum yang tepat. Saat ini usianya menginjak 27 tahun dan Ronaldo sedang berada di puncak penampilannya. Determinasinya di lapangan terlihat semakin kuat bersama Real Madrid.

Meski gagal mengantarkan Madrid ke final Liga Champions, secara keseluruhan penampilan Ronaldo cukup memuaskan. Kematangannya juga membantu Madrid memuluskan jalan untuk menjuarai Liga dengan mengalahkan Barcelona.

Pengalaman pahit di Piala Eropa 2004, Piala Dunia 2006, Piala Eropa 2008, dan Piala Dunia 2010 bisa menjadi dorongan motivasi bagi Ronaldo untuk meraih prestasi yang lebih baik di Piala Eropa kali ini.

Sama halnya dengan Messi, kegagalan-kegagalan di turnamen besar sebelumnya dinilai para pengritik sepak bola sebagai pembeda keduanya dengan pemain-pemain legenda seperti Pele, Diego Maradona, atau Eusebio. Para pemain ini melegenda karena penampilannya yang mengesankan dengan tampil sebagai juara bersama tim nasional.

Rekan Ronaldo di klub dan tim nasional, Pepe, memberi pembelaan. Menurutnya, Ronaldo terlalu mendapat tekanan yang besar karena suporter memberi ekspektasi terlalu tinggi kepadanya. Situasi ini, kata Pepe, dialami Ronaldo sejak usia 18 tahun.

"Tim ini bukan cuma Ronaldo. Semua pemain ikut berperan. Selama ini kami selalu memberi dukungan kepada Ronaldo agar dia bisa menunjukkan penampilan terbaiknya," kata Pepe.

Prestasi Ronaldo di klub sangat kontras dengan tim nasional Portugal. Di level klub, Ronaldo sudah mengecap beberapa gelar bergengsi, mulai dari Liga Inggris, Piala FA ataupun Liga Champions bersama Manchester United. Sementara itu, bersama Madrid, dia sudah menggenggam gelar Piala Raja, dan musim ini kemungkinan besar meraih trofi Liga Spanyol.

Secara individu, Ronaldo juga sudah pernah dinobatkan sebagai pemain terbaik di dunia versi FIFA pada tahun 2008. Dia juga dua kali menyabet sepatu emas atas prestasinya menjadi pencetak gol terbanyak di Eropa. Musim ini, dia masih bersaing dengan Messi yang sudah sama-sama mengemas 43 gol.

Pelatih Portugal, Paulo Bento, juga berharap Ronaldo bisa memberi kontribusi nyata di Piala Eropa nanti. Sejak mengambil alih kursi pelatih dari Carlos Queiroz pada bulan September 2010, Bento mampu menemukan pola pendekatan yang tepat kepada pemainnya. Penampilan Portugal pun menanjak secara signifikan.

Sementara itu, pelatih Rusia asal Belanda, Dick Advocaat, akhirnya memastikan tidak lagi menangani timnas Rusia seusai Piala Eropa 2012. "Usai Piala Eropa, saya akan pergi," ungkap Advocaat kepada harian Sport-Express.

Penegasan itu diungkapkannya setelah selama beberapa hari terakhir beredar tentang spekulasi kepergiannya dari timnas Rusia. Advocaat menyatakan bahwa kepergiannya tak ada hubungannya dengan nilai kontrak.

Sumber  :  http://bolaeropa.kompas.com/read/xml/2012/05/01/22280277/Penampilan.Ronaldo.di.Piala.Eropa.Dinantikan

Posting Komentar